Etika


Etika

Di mata kuliah Etika Profesi Universitas Jember pada hari senin 28 Agustus 2023, kami membahas tentang Etika mulai dari pengertiannya, klasifikasinya, dan pengertian etika profesi.

Pengertian

https://images.app.goo.gl/wR1t8YhEWYYf3gdr5
Etika merupakan perilaku yang diharapkan untuk dilakukan seseorang dalam suatu organisasi atau kelompok tertentu. Misalnya, saat kita sedang berada di wilayah yang sebagian besar penduduknya adalah suku Jawa, maka kita harus bertindak yang sesuai.

Berbeda dengan Moral yang mana semua orang di dunia memiliki pemahaman yang sama. Seperti tindakan pembunuhan, mau di negeri manapun merupakan tindakan yang tak bermoral.

Selain ada etika dan moral, juga berlaku hukum. Hukum merupakan sistem peraturan yang mengatur kita dalam bertindak. Dalam hukum terdapat satu set institusi yang terdiri dari penegak hukum, pengadilan, dan badan pembuat peraturan.


Etika dan Etiket


Jika etika merupakan cara kita bertindak dalam hidup dimana kita melakukan sesuatu baik itu di tempat umum walaupun tempat yang tertutup, etiket adalah tindakan kita berdasarkan situasi kita saat ini. Semisal, saat kita sedang di kamar sendiri dan bersantai, kita akan duduk dengan posisi yang tidak sopan. Namun jika kita berada di cafe kita harus memperhatikan perilaku kita, seperti dengan cara menggunakan headset agar tidak mengganggu orang lain, atau menjaga pandangan kita supaya orang di sekitar kita tidak merasa diawasi.

Klasifikasi


Etika itu cakupannya luas, sebagai bentuk tingkah laku kita yang diharapkan untuk kita lakukan, berbeda tempat dan keadaan tentunya akan memiliki etika yang berbeda. Jika kita sedang berada di masyarakat, maka kita harus bertindak yang sepantasnya. Kita juga memiliki etika yang berbeda saat kita berada di lingkungan pertemanan, keluarga dan bahkan profesional.

Etika Profesi


Dalam berprofesi, kita harus mengikuti kode etik yang sepantasnya. Kode etik adalah cara kita bertindak dalam lingkup profesi kita. Seorang dokter tidak boleh menyebarkan informasi tentang pasiennya kepada siapapun juga termasuk dalam kode etik dokter. Kode etik ini diciptakan untuk memberikan tanggung jawab kepada seorang profesional, memberikan rasa aman kepada pelanggan, serta mencegah adanya campur tangan pihak luar.



Akhir Kata


Etika merupakan unsur penting dalam kehidupan yang mana kita perlu mendalami dan menjalaninya sebagai upaya untuk menjadi masyarakat yang berbudi. Selain dalam kehidupan, etika juga perlu diterapkan dalam berprofesi supaya tidak terjadi malpraktek dan menciptakan lingkungan kerja yang aman. Sekian Blog untuk Etika, silahkan tinggalkan komentar apabila ada kritik atau saran. Saya Luqman, pamit undur diri. 


Jangan lupa minum air!



Comments