IT Forensic

Halo Pembaca! Ketemu lagi dengan saya yang suka menyuruh minum air ini, pada perkuliahan etika profesi minggu ini, kami membahas mengenai IT Forensic. Jadi apa itu forensik komputer dan bagaimana peraturan yang berlaku, serta untuk apa dilakukan IT Forensic ini. 

Sesuai namanya yaitu forensic, hal ini ditunjukan untuk mencari bukti dan menganalisa suatu kejahatan yang ada di dunia IT. IT forensik ini tidak langsung mengambil data yang ada lalu dijadikan bukti, ada langkah langkah yang dilakukan terlebih dahulu sebelum sampai ke tahap tersebut.

langkah-langkah tersebut yaitu:

  1. Identifikasi
    Merupakan tahap pengumpulan bukti-bukti yang terkait, baik secara general maupun secara spesifik. Data yang didapatkan juga harus dilakukan pengecekan secara tepat agar bukan merupakan bukti palsu atau rekayasa.
  2. Penyimpanan
    Tahap ini merupakan penyimpanan dan persiapan data secara tepat dan aman sehingga tidak ada sedikit pun kesalahan dalam penyimpanan sehingga bukti tidak diterima di pengadilan. Untuk menjaga keadaan data asli, bukti yang digunakan merupakan hasil copy bit-per-bit dari data yang asli.
  3.  Analisa Bukti Digital
    Merupakan proses berupa meneliti secara rinci seluruh bukti yang terkait dengan kasus. Dilakukan dua jenis analisa yaitu media analysis dan application analysis.  
  4. Presentasi
    Presentasi dilakukan dengan cara menyajikan bukti-bukti yang sudah dipersiapkan dan dapat dipertanggungjawabkan sepenuhnya. Bukti yang ada juga harus dilakukan cross-check dengan saksi yang bersangkutan. Dalam bukti harus dipastikan keberadaan waktu terjadinya pelangaran, wakktu dilakukannya investigasi, dan permasalahan apa yang terjadi. 

Nah seperti itulah kira-kira langkah dalam IT Forensic, memang proses yang cukup panjang, tapi itu diperlukan untuk kejelasan bukti dalam persidangan agar tidak terjadi kesalahan dalam penghukuman.

sekian blog minggu ini, saya Luqman pamin undur diri,
Stay Hydrated!


Comments