Cyber Ethics

 Halo Pembaca!

    Pada perkuliahan Etika Profesi minggu ini, kami mempelajari soal "Beretika dalam Dunia Siber". Dengan kondisi dunia saat ini yang semuanya serba digital, maka juga perlu adanya etika dalam berperilaku dalam dunia online. Sebenarnya, untuk memiliki etika yang baik dalam berinternet itu cukup mudah. Dengan kita memeperlakukan orang lain sebagaimana kita meperlakukan orang didunia nyata sudah cukup untuk disebut beretika. 

    Pengguna Internet yang saat ini sudah mencakup dari usia dini hingga tua. Maka perlu adanya sikap yang baik dalam menggunakan media sosial. Karakteristik dunia maya sedikit berbeda dengan kehidupan nyata. Di dunia maya, tidak mengenal batas batas teritorial sehingga harus lebih respectful terhadap orang lain.

Netiquette

Panduan untuk bersikap di internet sesuai dengan kaidah normatif. Dengan mematuhi peraturan-peraturan ini, maka berkomunikasi dengan orang lain di internet akan berjalan tanpa adanya masalah dan kesalahpahaman. 
Aturan inti netiket, diantaranya:
  • Tidak mengirim komentar yang bernada menyerang 
  • Jangan melupakan etika, karena pengguna internet berasal dari berbagai penjuru dunia yang berbeda. Hormati semua orang di internet, bagaimanapun pendapatnya.
  • Ingat selalu untuk bersikap terbuka, dan jika dibutuhkan bersikap kritis membangun.

Pentingnya Etika dalam Dunia Maya

  • Pengguna internet memiliki latar belakang yang berbeda.
  • Pengguna internet sebagian besar anonymous sehingga kita tidak tahu siapa dibalik layar lawan bicara kita.
  • Banyaknya fasilitas internet untuk bertindak buruk.
  • Pengguna internet akan terus bertambah.
Menjaga etika tidak hanya dilakukan dalam dunia nyata, kita juga harus menjaga etika kita dalam dunia maya sehingga bisa menciptakan lingkungan internet yang aman untuk semua orang. Mari kita lebih memperhatikan ketikan kita, konten yang kita bagi, dan menghormati orang lain di internet.

Sekian Blog pada minggu ini, saya Luqman pamit undur diri.

Jangan lupa minum air dan stay hydrated!

Comments