IT dan Profesionalisme

 Halo pembaca..

Setelah kemarin saya membahas Etika secara general dan pengertian umum etika dalam berprofesi, Kali ini saya akan membahas tentang professionalitas pekerja IT. Pada perkuliahan minggu ketiga Etika Profesi, kami membahas apakah pekerja IT merupakan seorang yang professional, macam-macam pekerjaan di bidang IT, dan bagaimana cara seorang profesional IT memiliki kode etiknya sendiri.



Nah, Profesional kan bisa diartikan menjadi dua makna:
- Orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu.
- Orang yang bekerja dalam satu bidang yang dia ahlikan.

Sebagai seseorang yang mendalami bidang IT, maka bisa disebut bahwa pekerja dalam bidang IT merupakan seorang professional dalam kedua artian tersebut. Ahli dalam suatu bidang misalnya seperti ahli dalam web design dan Interface. Dan bekerja dalam bidang yang dia ahlikan yakni sebagai designer web suatu bisnis.



Seperti halnya dengan profesi lain, seorang professional IT workers juga memiliki kode etik. Namun, karena bidang pekerjaan ini yang selalu berkembang cepat, setiap pekerja memiliki kode etiknya sendiri. Kode etik yang belum terccantum dalam standar kode etik profesi IT, yang biasanya terlahir dari kondisi lingkungan yang berbeda. Sebagai orang Indonesia, dimana masih banyak orang berumur yang belum begitu memahami konsep digital banyak perlu kita ajari sebagai seorang yang mendalami bidang ini.

Selain itu, dengan begitu luasnya bidang ini, maka tiap bidang juga memiliki kode etiknya sendiri. misalnya, sebagai seorang programmer maka kita tidak boleh menyelipkan malware kedalam program yang kita buat.

Dengan begitu luasnya bidang profesional IT, kita harus mampu untuk mempelajari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Baik dari sisi seorang klien maupun seorang penyedia jasa. Agar dapat menciptakan hubungan yang baik serta menghasilkan produk yang sesuai harapan.

mungkin cukup segini dulu untuk blog kali ini, saya Luqman pamit undur diri.

Jangan Lupa Minum Air!

Comments